Wednesday, April 17, 2013

Jenis Jenis LNB dan gelombang yang di terimanya

Buat yang belum mengetahui Jenis2 LNB Parabola, saya akan coba posting disini...

1. LNB C Band

LNB ini paling umum dipakai oleh masyarakat indonesia, karena kebanyakan TV swasta indonesia Saat ini mayoritas channel FTA yang berada di satelit seperti Indosiar, RCTI, Kompas TV, dkk  beserta channel tv internasional menggunakan gelombang C band.  Untuk tv berbayar di Indonesia yang menggunakan gelombang c band adalah Telkomvision / YesTV  dan Skynindo 
Spesifikasi Lnb C Band :
Standart frekuensinya berkisar antara 2,5 sampai 4,2 GHz.
Hanya menerima frekuensi di bawah 9999.
Sistem penerimaan berpolaritas Horizontal dan Vertikal.
Ukuran lebih besar dari kebanyakan LNB Ku-band.
Hampir semua merek sama ukurannya.
Tidak berpengaruh terhadap cuaca
Bisa dipasang di Dish mesh dan solid  
Terganggu pada suara motor yang keras, suara mesin pahat.
Sinyal cenderung lebih lemah sehingga ukuran parabola harus besar untuk mendapatkan sinyal kuat


2. LNB KU BAND
Saat ini gelombang ku band lebih sering dipakai oleh pay tv seperti Aora TV, Orange TV, Centrin TV, Astro Malaysia, Truvision Thailand, K+ vietnam, Pentavision.  Sementara sangat sedikit channel FTA/gratis yang menggunakan gelombang ku band, contoh satelit yang menggunakan gelombang KU band = NSS6
Spesifikasi Lnb KU band :
Standar frekuensi lebih tinggi dari LNB C-band yaitu 10 sampai 13GHz.
Hanya menerima frekuensi di atas 10000.
Sistem penerimaan berpolaritas Horizontal dan Vertikal.
Ukuran ada yang lebih kecil dari LNB C-band, & ada yang lebih besar.
Cara pemasangan arah konektor harus menghadap ke utara dipengarui oleh cuaca ( Apabila hujan terjadi penurunan signal)
Bisa dipasang di Dish mesh dan solid ( untuk hasil signal yang maksimal sebaiknya menggunakan parabola solid)  
Sinyal lebih kuat sehingga dengan dish imut 60 cm pun bisa dapat sinyal LNB lebih mungil dan rapi 
Tidak terganggu gelombang lain seperti wifi/microwave 
Terganggu  pada hujan deras atau mendung tebal, sinyal turun / hilang 

 3. LNB S BAND

Saat ini di Indonesia, tv berbayar yang menggunakan gelombang ini adalah Indovision, TOPtv dan Okevision

Spesifikasi Lnb S band :
Frekuensi LNBnya 3620 MHz
Hanya menerima frekuensi di bawah 3000
Sistem penerimaan berpolaritas Horizontal dan Vertikal.
Bentuk lnbnya bulat seperti cakram
Cara pemasangan arah konektor bebas
Tidak berpengaruh terhadap cuaca
Hanya bisa dipasang di parabola solid
Terganggu pada suara motor/mobil yang keras
Terganggu dengan gelombang wifi dan microwave 


    4. LNB COMBO C BAND DAN KU BAND
    LNB ini paling istimewa karena bisa menangkap sinyal C band dan Ku band sekaligus dalam satu posisi satu satelit.
    Demikian postingan saya tentang LNB kalau ada yang salah atau kurang mohon di maafkan dan ditambahkan.






    Semoga bermanfaat...

    142 comments:

    1. Om kalo LNB yang cocok untuk receiver matrix yang mana ?

      ReplyDelete
    2. Kalau untuk Channel FTA / Gratis Semuanya cocok, kecuali S Band...

      ReplyDelete
    3. Kalo mau pake receiver orange tv,tp punya dish parabola aora bisa ga ya gan?

      ReplyDelete
    4. om saya punya dish bekas okevision, apakah bisa digunakan pada reciever goldsat untuk menonton siaran lokal,?mohon petunjuknya om :)

      ReplyDelete
    5. @loe reno
      Harus ganti LNBnya ke LNB kuband,
      Posisi dishnya samakan seperti dish Oren,
      harus ada voucernya yang pasti.

      ReplyDelete
    6. @Ryu Noel
      Ganti LNB nya aja, sebab s band gak ada yang FTA/Gratis

      ReplyDelete
    7. gan saya mau tanya klo di info kualitas signal bagus tapi pas mau di cari bebas/semua malah jadi no signal. kira2 apanya yah. mohon pencerahannya. saya pakai receiver tanaka t200 mpeg2. trimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mungkin itu Transpondernya Mpeg4 atau frekuensi data yang tidak bisa diterima Decoder anda.

        Delete
    8. Ass,mas rinto lam kenal ya yadi_GADiNG lampung,mas mau nanya saya lg traking thaicom 5 sudah 1 blan tidk nongol2 sulusinya gimana mas,thaicoom 5 dari nss6 geser kmna mas berapa cm.

      ReplyDelete
    9. Kalo dari NNS6 gesernya kebarat yadi, isi frekeunsi terkuatnya BBTV7 3825 H 4700, atau 3832 H 5400 geser terus kebarat sekitar 8-9 cm jarak tergantung dish. Frekwensi ini saya Lock di kep. Riau bs mencapai 90 %. selamat mencoba

      ReplyDelete
    10. Pak saya mau nanya, kalau misalnya saya ada dish bekas okevision, apakah bisa saya gunakan untuk menonton siaran tv gratis ??
      Apa yang perlu saya ganti ??
      Apakah nantinya ada perbedaan yang besar antara dish bekas okevison yang ukurannya kecil dengan dish konvensional yang besar ??
      soalnya kalau rumah saya dipasang dish yang besar jadi kelihatan jelek pak . .
      Apa tetap bisa menangkap palapa d, asiasat dll pak ??
      lokasi saya di durabaya

      ReplyDelete
    11. Bisa pak. Ganti aja LNB nya ke C Band atau Ku band.
      kemudian ganti juga Receivernya yang bisa multisatelit.

      ReplyDelete
    12. Kalau saya punya 2 reciever, 1 receiver top tv, satu lagi reciever Matrix Starlink HD Ethernet, bisa ga kalo LNBnya cuma satu. di split ke 2 receiver tersebut

      ReplyDelete
      Replies
      1. Lnbnya apa? Kuband, sband, cband?
        pakai Lnb yang outputnya lebih dari satu aja..

        Delete
    13. Pagi Bang,
      Saya menjadi orangers sudah 1 tahun lebih ada yang saya ingin tahu : apakah decoder orangetv saya dapat diset ke c band lnb pake universal gimana caranya atau apa yang harus saya lakukan. Terimasasih
      Salam
      Hendi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Klo merk KONKA bisa, kalu mau lock C Band ya harus ganti ke LNB ku Band/LNB Combo

        Delete
    14. malam mas rinto.sy mo tanya mas kenapa agak sulit utk ngelock st2ku khususnya scctv3 dan scctv varzesh,sy pakai dish eks telkomvision.lnb offset starcom dgn noise 6 db.recivier matrix prolink HD ethernet.posisi di belitung.mohon pencerahannya mas.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau frekwensi yang lainnya disatelit ini terkunci gak? kalau gak, cek pengaturan frek, lnb, dan posisi lnbnya serta kemiringannya.

        Delete
    15. Selamat sore, mas rinto. Salam kenal. Nama saya dian.

      Saya ingin bertanya satu dua hal ke mas rinto mengenai LNB dan yang berhubungan.
      Begini, saya ada niatan berlangganan orange tv, namun setelah mengetahui kalau rcti, global dan mnc tidak disiarkan, maka saya berkeinginan mengganti LNB nya dengan yang combo.
      Nah, menurut mas rinto, ada kemungkinan hal itu bisa dilakukan oleh pihak orange tv ya? Atau saya harus cari pihak lain yang bersedia melakukan hal tersebut? Karena kita tau bahwa orange tv, perangkatnya dibeli lepas.

      Jika menggunakan dish (piringan penangkap sinyal) dengan bawaan dari orange tv disatukan dengan LNB combo, apakah ada masalah, jika diharapkan paling gak layanan rcti global dan mnc bisa ditangkap?

      Pertanyaan selanjutnya, jika menggunakan hal tersebut diatas dan sukses semua, apakah ada kemungkinan saya mendapatkan sinyal siaran dari satelit lain, selain palapa d? Ataukah tergantung settingan yang diberikan oleh pemasang antena nantinya? Kalau saya berkeinginan mendapatkan sinyal sinyal tersebut, adakah caranya?

      Maaf, jika pertanyaan saya begitu ribet, dan mungkin berulang ulang. Karena ini pengalaman saya pertama kali memakai layanan tv berlangganan dan dengan antena non konvensional.

      Oh ya, posisi saya di kerobokan, kuta, Bali.

      Mohon bimbingannya.
      Salam.
      Dian. :)

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal juga, kalau mau ganti LNB combo bisa saja cari tehnisi yang mahu dan tak ada masalah, untuk dapat menerima satelit lain/cband setting aja di decodernya seperti pengaturan LNB 5150 dan frekwensinya. untuk info Frekwensi cek aja di www.lyngsat.com

        Delete
    16. Slamat siang Mas Rinto,
      Mau tanya, klo indovision dibuat receivernya 4 (pake OPenbox, dll) bisa nga?
      Yang saya search hanya ada lnb s dual band untuk 2 receiver.
      Makasih - mohon pencerahan

      ReplyDelete
      Replies
      1. Belum pernah coba, S Band kalau gak salah cuma ada dua output.

        Delete
    17. mas, saya pake matrix prolink HD+ethernet new apa bisa gunakan lnb s band?? mohon pencerahannya...

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa, Cuma gak ada channel yang FTA di frekwensi S Band, sinyalnya kepunyaan Pay TV.

        Delete
    18. salam kenal ms. saya al diwonogiri jateng.. klo bekas okevision trus saya ganti receivers mp4 sejenis getmecom hd eternet bisa ndak ms menangkapa siaran kaya tv one metro tv antv rcti .tanpa harus ganti lnb bawaan okevision.mohon pencerahan nya..trimakasih

      ReplyDelete
    19. halo mas salam kenal. Saya mau tanya untuk LNB C band mau gant reciver mpeg2 ke mpeg4 hd yang cocok reciver apa ya? Apa smua jenis reciver mpeg4 hd cocok untuk lnb c band?

      ReplyDelete
    20. Salam kenal mas, saya punya disk bekas okevision apakah bisa digunakan dengan lnb combo dan receiver telkomvision (yang bisa siaran fta) untuk difungsikan seperti parabola bebas iuran, kalau bisa apakah posisi disknya sama denga disk parabola biasa dan setting di receivernya... trimakasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa, posisi dishnya sama saja, yang penting kemiringan lnbnya berada pada posisi satelit yang ingin dilock, settingan direceivernya sama saja, sesuai lnb.

        Delete
    21. salam kenal mas, saya baru beli receiver matrix starlink v ethernet lngsung sama lnbnya ku band matrik MKII, saya pasang di dish ex indovision, udah seminggu ini saya setting tapi gak bisa2... mohon bantuannya mas... kalau bersedia sms/miscl ke nomor 081271326676. mkasi mas sebelumnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. mau lock satelitt apa? perhatikan posisi lnb dan kemiringan dishnya benar, pastikan settingan direceiver ke frekwensi lnb kuband..

        Delete
    22. salam kenal mas Rinto, mau tanya..
      Saya pakai Parabola jaring 8 feet 4 LNB 2 receiver dengan disecq, tapi sering sinyal hilang pada TV (receiver) satunya, kalau diganti 3 LNB Combo 3 receiver dengan multiswith satelit yang bisa ditangkap apa sama dengan sebelumnya..trima kasih atas pencerahannya.
      posisi saya di mataram - NTB

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa saja, asalkan satelit yang dilock ada Frek Kuband ama Cband dalam satu satelit. contoh Asiasat 2, St2, measat... maaf jika ada kekurangan.

        Delete
    23. sukses buat mas Rinto...
      saya mau nanya, saya pakai Orange tv tp g dpt siaran rcti dll,,,bagaimana agar orange tv saya bs mendapatkan siaran tersebut...terimakasih...mohon pencerahaannya

      ReplyDelete
    24. salam kenal bang rinto,
      saya ada disk + LNB bekas Aora TV, mau di perdayakan untuk FTA tv lokal saja,
      apa yang mesti diganti dan di tambah? menghadap kearah mana (lokasi jakarta).
      terimakasih.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau kuband tak banyak yang FTA channelnya, kalau mahu lock channel lokal Mending ganti semuanya dari dish yang agak besar , lnb dan receiver.

        Delete
    25. permisi pak. saya mau tanya. ini saya ada dish parabola bekas oke vision plus lnb ku band iTV dan receiver saya memakai matrix apple 3 HD PVR.
      yang jadi pertanyaan saya. arah dish parabola yang benar untuk daerah surabaya menghadap kmana ya pak. soal nya No Signal terus.

      tolong di bantu. apa yg harus saya setting buat bisa nerima siaran lokal atau luar.

      terima kasih sebelum nya. salam.

      ReplyDelete
    26. Ikuti arah barat ke timur atau sebaliknya ( matahari terbit atau tenggelam ) untuk info frekwensi dan posisi klik Lyngsat.com.

      ReplyDelete
    27. saya punya parabola orange tv tp dekoder nya saya pakai matrix starlink v kok siaranya gak dapat ya >tolong bantu solusinya mas rinto

      ReplyDelete
      Replies
      1. Isi frekwensi satelit yang mahu dilock, sesuaikan kemiringan dishnya dengan posisi satelit, jika ada frekwensi yg terlock, lanjutkan dengan blindscan. jika hanya ganti decoder tanpa geser dish gak akan ada sinyalnya. moga membantu.

        Delete
    28. Salam kenal mas rinto.
      Saya pake antena indovision + LNB nya di MAtrix Prolink. PArabola sudah terset. tapi yg saya mau tanya kualitas sinyal nya BER: 2.10E-3 itu artinya apa ya mas? apakah salah setting LNB / arah dishnya?

      ReplyDelete
      Replies
      1. Harus ganti LNBnya dulu ke Kuband/cband. karena sband gak ada channel yang FTA / gratis.

        Delete
    29. Asslkm..kebetulan nemu blog ini stelah sekian lama melayang layang...salam kenal mas rinto.
      mo tanya mas , saya ada disc bekas indovis, lnb ku band apa yang bagus prime apa offset dan merk apa ,?bisakah 1 lnb kuband ngelock 2 satelit nss6 & thaicom ,saya pake reciever matrik prolink hd enternet posisi di sukabumi jawabarat,mohon ilmunya mas....

      ReplyDelete
      Replies
      1. Salam kenal juga, tentunya yang mahal lebih bagus, 1 lnb lock dua satelit ya gak bisa mas. 1 lnb ya 1 satelit.

        Delete
    30. asalamlkm.malam mas RINTO,saya berharap info nya gini mas.dulu saya pelanggan centrin tv tapi sdh tidak aktip lg .kira2 bisa ga dipergunakan lg dish beserta receivernya.saya mau beli yg baru tapi tidak mampu untuk membelinya.kesian anak saya selalu geser2 antena untuk melihat chanel kesenangannya.maklum rumahnya dikaki gunung karang pandeglang banten.mohon infonya kesini 082260064320 karena sy ga pernah buka internet.ucapan terimakasih/dan doa saya buat mas RINTO moga senantiasa allah memberikan pahala dan ganjaran pada mas RINTO dan sekeluarga walaupun hanya sekedar info/AMIN

      ReplyDelete
      Replies
      1. Amin... wah gimana ya, kayak nya harus tetap mengeluarkan biaya mas buat dganti LNB dan receivernya. mohon maaf say gak bisa beri informasi lewat Telp/hp. moga sedikit membantu.

        Delete
    31. Malem mass,,slam kanal N moga sukses sllu,,.М̣̣̥̇̊a̶̲̥̅̊ªªªªüü nanya ni mas,sya dah beli receiver matrik aplle3hd,,,Ÿª♌g hrus sya beli apa aja mas????
      Merk/sma jenisnya tlong dsbutkan

      ReplyDelete
    32. Maksudy lnb ya jenis a̶̲̥̅̊ρ̥̥ά̲̣̥ ato merk a̶̲̥̅̊ρ̥̥ά̲̣̥,trus parabolanya yang solid merk a̶̲̥̅̊ρ̥̥ά̲̣̥ gitu mas,maklum msih awal Ɓȃήƍέєë††† mas,mkasih sblumnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. LNBnya tergantung satelit yang mahu dilock mas, kalau yang bagus tentu yang mahal biasanya. kalu mau referensi barang-barang parabola atau mahu beli hub aja Aziz TVKUINDO-PARABOLA.COM disisi kanan posting saya ada linknya. Klik saja

        Delete
    33. Gan, knapa lnb ku band memiliki bentuk yg lebih kecil daripd lnb C ban..?
      Knapa nggak dibuat sama bentuknya meskipun beda fungsinya... Supaya bisa di pasang di 1 bracket.....!

      ReplyDelete
      Replies
      1. Mungkin karena LNB kuband banyak digunakan di dish yang kecil (pay TV).
        Tapi masih bisa kita gandengkan dengan LNB Cband dengan 1 braket, tentunya dengan sedikit tambahan atau mengunakan baut yang lebih panjang.

        Delete
    34. siang mas,mau tanya mas,jarak satelit st2 dari measat 3 atau dari thaicom5 brapa cm mas,mohon pencerahannya mas,trims

      ReplyDelete
    35. gelombang yg diterima ku band kan lebih besar ( diatas 10000) tapi knapa dibuat dgn bentuk yg lebih kecil dari C band, yg notabene lnb C ban hanya menangkap gelombang dibawah 10.000

      ReplyDelete
    36. pagi bang aku mau nanya,lnb bekas telkomvision kan c band 15 k,apa sekirannya bisa di gunakan untuk mengantikan c band yg 22k
      makasih

      ReplyDelete
    37. Malam mas.. saya mau tanya.. lnb combo apa bisa di pasang ke disc orange tv

      ReplyDelete
    38. salam kenal semuanya mau share pengalaman dikit buat teman" moga bermanfaat saya pake lnb combo dengan disc tanaka 6 feet dengan dua lnb 1 lnb c band standart u telkom 1 lnb combo khusus untuk palapa d. saya pakekan orange tv wew mantep bisa lock palapa dan telkom untuk tv orangenya sinyal mantep sampe 80% FTA dapet semua pay tvnya juga mantep saya geser dikit kebarat bisa lock asiasat juga kalo ketimur bisa lock chinasat pakai orange tv decoder. untuk RCTI,GLOBAL,MNC semua ada tapi di FTA mungkin kalo pake disc bawaan tidak bisa karena lnbnya ku aja trus discnya juga kecil

      ReplyDelete
      Replies
      1. saya ada disc dan lnb bekas telkomvision. gmn caranya spy dpt chanel RCTI secara free atau FTA ? sy ada decoder bekas telkomvison mulai merk tanaka sd JR 8900. mhn bantuannya

        Delete
    39. gan ... ana punya perabola bekas telkomvision, jika ana mau beliin decorder K-Vision ( antusias menyambut piala dunia ) apa bisa ? thx atas pencerahannya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Coba saja gan, karena k-vision sinyalnya gede khusus k-vision dipalapa saja, kalau measat harus ganti kre lnb ku band.

        Delete
    40. Siang mas rinto....Mas mohon pencerahannya....saya punya dish bekas telvis....bs ngk di ganti LnB combo dan receiver nya pakai k-vision?....utk arah nya ke mana mas?....terimakasih....posisi di cibadak sukabumi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa, tapi kenapa harus pakai Combo, pakai cband single aja. posisi palapa D arah timur. kuband di palapa punya orange TV tak ada channel FTA.

        Delete
    41. assalamualikum mas rinto saya mo tnya ni mas saya punya disc + lnb astro bisa kira2 bisa g klo di pake ke parabola biasa trima kasih sebelumnya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Walaikumsalam wr wb, Bisa, namun yang bisa di terima frekwensi kuband saja, lock satelit ke satelit Thaicom 4, Nss6 atau St kuband

        Delete
    42. Terimakasih atas pencerahannya mas....satu lg saya mau tanya mas...klo lnb c band bawaan dr dish telkomvision nya itu bs tidak jk digunakan dgn decoder lain...semisal pakai decoder dr tanaka.....terimakasih sblmnya....utk arah sat palapa D nya di berapa ya mas?....

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa, coba saja, palapa arah timur 113.0 derajat.

        Delete
    43. Salam kenal mas saya msh newbie ni, gini mas saya punya dish ex indivision lalu sy pasang lnb c bànd dgn reciver matrix starlink v hd ethernet. Sinyal sdh 92% untuk palapa d tp kualitas selalu 0%, sy cari otomatis ga dpt chanel. Solusinya gmn mas mohon pencerahan.

      ReplyDelete
      Replies
      1. sinyal di receiver ada dua mas, 1. sinyal terhubungnya kabel dengan Lnb ( yang atas) 2. sinyal kualitas atau sinyal frekwensi channel yang tertangkap ( yang bawah ) kalau sinyal kualitasnya gak ada berarti sinyal frekwensi belum tertangkap dan tak bisa dilock dan harus tepat posisi dishnya kesatelit yang dilock. biasanya kalau pakai dish pay tv kebanyakan orang lock nya satelit kuband, seperti NSS6/SES8, STKU dll.

        Delete
    44. Salam kenal mas.....
      Mohon bantuanx,aq sekarang punya disk ex indovision+matrik starlink+lnb ku band....
      Aq mau lock satelit measat3/3A tp g dapat kualitas signalx
      Posisi diskx ke arah mana ya mas kalau di bandingkan dgn indovision....mohob pencerahanx.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Kalau dibandingkan dengan indovision berlawanan arah mas, Kalau measat menghadap kebarat.

        Delete
    45. selamat malam pak, saya punya dish indovison LNB nya S band, saya mau ganti menjadi LNB ku Band, itu caranya gimana ya pak?ada tutorialnya atau link videonya nggak. saya masih awam sekali tentang dunia persatelitannya. mohon pencerahan sejelas-jelasnya dari bapak. terima kasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Ganti aja ke kuband offset Noise 0.1 db beli sekalian holdernya, tinggal pasang aja diujung tiang fokusnya. disitukan ada lubang bautnya, kalau mau lock satelit st2 arah nya kebarat berlawanan dengan indovision. setting di receivernya kefrekwensi lnb universal 9750-10600. insya Allah bisa, ambil dari posisi tiang fokus tegak kemudian turunkan perlahan2. begitu juga untuk lock satelit lainnya, lebih baik ganti receivernya yang support Mpeg4 sama bisskey. selamat mencoba.... semoga membantu.

        Delete
    46. bang rinto saya mau nanya kalo parabolanya solid merk venus bagaimana caranya biar bisa dapat tayangan astro? saya posisi di pematang siantar, sumatera utara, trims y bang rinto

      ReplyDelete
    47. bang rinto saya mau nanya kalo parabolanya solid merk venus bagaimana caranya biar bisa dapat tayangan astro? saya posisi di pematang siantar, sumatera utara, trims y bang rinto

      ReplyDelete
      Replies
      1. Pakai LNB kuband Prime fokus, kalau pakai dish pay tv juga bisa pakai kuband offset.

        Delete
    48. malam bang..,saya mau tanya nih rencana ane mau beli dish bekas ex pay tv yang bagus apa ya ?,terus reciever yang bagus itu merk apa ya ?,dan lnb nya tipe apa ya kalau mau diganti,terimakasih..

      ReplyDelete
      Replies
      1. Dish telvis bagus agak besar sedikit, receiver tergantung kebutuhan dan keuangan. Lnbnya kuband offset noise 0,1 db aja.

        Delete
    49. pak aku mau nanya kalau dish indovision (bentuk opal) kalau pakai lnb combo apa kene

      ReplyDelete
      Replies
      1. blum pernah cuba, sepertinya tak banyak yang bisa dilock karena untuk cband dishnya kecil, sedangkan kuband nya kalau kombo kurang maksimal apalagi di dish eks pay tv

        Delete
    50. Malam mas Rinto..mau tanya lagi kabel dari LNB ke Multiswicth agak panjang (terhindar dari cuaca) apa terpengaruh dalam penangkapan satelit..trim's atas infonya

      ReplyDelete
    51. Mas rinto, mw ny nih dirmh ada nganggur dish ex top tv klo di ganti lnb pk yg c band. Chanel apa sj yg di tangkap...?

      ReplyDelete
      Replies
      1. c band gak bisa mas terlalu kecil dishnya paling 3 atau 4 channel saja yang bisa ketangkap, ganti ke kuband lock Nss6/ses 8. Stku

        Delete
    52. Mas Rinto, maaf sebelumnya kalau pertanyaan saya terlalu detail maklum baru pasang parabola dan msh awam didunia parabola. Paket Rp. 1.500.000,-
      - Parabola gerak (1lnb)
      - 300channel bisa lebih
      - Receiver mpeg4(OTA/terbaru)
      - Kabel 15 meter
      yang saya tanyakan apa bisa saya tambah receiver buat tv ke 2 tanpa harus mengganti LNB nya. sementara ini receiver utama mencangkup satelit palapa,telkom 1,asiasat 3,asiasat 5, ChinaSat 6B dan 6a.jadi 6 satelityang bisa di tonton.rencana saya untuk receiver ke 2 cmn 1 satelit saja yang saya butuhkan.apakah tidak ada pengaruh apabila receiver induk dan receiver 2 menonton dalam 1 satelit tetapi berbeda chanel.seandainy bisa perlengkapan apa saja yg harus saya beli...untuk model LNB sama persis dengan gambar di posting no 1. terima kasih sebelumnya.....
      nb: mohon info untk rec terbaik dng kualitas hd merk apa dan seri brp.
      ......untup satelit anggap saja saya tidak memakai actuator dan hanya menangkap 1 satelit

      ReplyDelete
      Replies
      1. terganggu mas, harus ganti ke lnb yang punya dual output kalau mau pakai dua receiver, Receiver hd semuanya sudah bagus tergantung pemakaiannya saja, serinya banyak gak bisa saya sebutkan. kalau yang mahal banyak dan tentu pemakaiannya pun agak rumit bagi yang awan. kalau merek , ada skybox, openbox, amiko dll

        Delete
    53. mat malam mas rinto ibra
      lokasi sy tepatnya di bima NTB
      sy punya dish/antena indovision bekas
      sy mau ganti lnb ku band pake receiver GETMECOM HD5
      siaran apa saja yg bs di tangkap mas
      mohon infonya tank

      ReplyDelete
      Replies
      1. Lihat beam yang mahu di lock mas, NTB kayaknya lebih dekat dengan optus dicoba aja ke optus lihat beam dan frekwency nya di lyngsat.com.

        Delete
    54. Mas Rinto mau tanya..
      Cara merangkai 2 lnb Combo 4 receiver jenis multiswicth apa dan satelit yg bisa didapat..trima kasih pencerahannya..
      (lokasi di mataram-NTB)

      ReplyDelete
    55. Salam Kenal Mas Rinto, Saya disini tidak mau bertanya, saya hanya apresiasi yang tinggi buat Mas Rinto, yang Konsist dalam membuat Blog apalagi setelah menulis, semua tanggapan dan pertanyaan selalu dijawab dengan detail dan ihklas pastinya, dan tidak menggantung para pengunjung Blog, Tetap semangat Mas Bro, lain kali bru bertanya.

      ReplyDelete
      Replies
      1. Thank mas andi, semoga sedikit membantu apa yang telah saya posting

        Delete
    56. salam kenal mas...saya punya dish telvis posisi masih terpasang seperti semula menghadap keutara...bisa ga untuk menangkap siaran gratis/fta (khususnya tv lokal) ...peralatan apa saja yg harus saya beli ... terima kasih..mohon pencerahanya

      ReplyDelete
      Replies
      1. Gak banyak mas channel yang bisa di terima pakai dish Telvis apalagi lnbnya cband. Saran saya beli dish yang agak besar dan receiver Mpeg4+bisskey

        Delete
    57. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete
      Replies
      1. assalamualaikum mas rinto, salam kenal saya mau tanya, saya pelanggan indovision baru, yang saya tanyakan knp tiba-2 sinyal hilang/ terkunsi..?? minta pencerahan nya sebelum nya terima kasih banyak wasalam

        Delete
      2. Waalaikum salam Wr Wb. Bisa jadi dishnya bergeser, laporkan saja ke Dealer indovisionya Mas. Entar biaya bulanan bisa membengkak.

        Delete
    58. Salam kenal mas, saya mau tanya, dish aora tv, sama rx orange tv bisa di gabung (di gunakan) kalo memang bsa,mohon panduan setting di rx nya, terimakasih

      ReplyDelete
      Replies
      1. Bisa, khusus untuk Orange TV kuband. gak perlu setting lagi tinggal colok kabel LNB nya saja

        Delete
      2. Seratus lebih, beli sama pelanggan lama telkomvision aja. sekalian dapat dishnya.

        Delete
    59. Mas,dish topas tv bekas bs gk menangkap signal transvision

      ReplyDelete
    60. Salam kenal mas Rinto, begini saya baru saja beli dish bekas Telkomvision, kalau saya pake dekoder akari DVB-T2 untuk siaran nasional dapet banyak gak dan bagus gak ya gambarnya? Dan apabila saya pake dekoder dari orangeTv C-Band itu cocok gak ya dengan dish telkomvision? Mohon petunjuk apa yang harus ditambahkan? Dan posisinya gimana ya mas? Saya di daerag villa pamulang Tangsel. Terimakasih ya mas rinto.

      ReplyDelete
    61. mas Rinto,okevision saya rencana akn sy karya kan dgn lnb ku band..dari posisi lampung selatan,satelit mana yg bisa di lock? utk info,dish tsb menghadap timur dengan SS 54% dan SQ 100% di jaringan s band/indovis...jika mau ke SES 8 atau Thaicom ku,kemana harus nya sy arah kan dish tsb dari posisi sekarang? trimakasih

      ReplyDelete
    62. aslm... maaf mas rinto. Saya mau nanya. klo matrix prolink hd internet. cocok pake dish bekas indovision atw tdk. dn LNB nya pakai lnb apa. dn brapa pake lnb nya. Klo pake lnb combo bisa atw tdk.tks ma

      ReplyDelete
    63. aslm... maaf mas rinto. Saya mau nanya. klo matrix prolink hd internet. cocok pake dish bekas indovision atw tdk. dn LNB nya pakai lnb apa. dn brapa pake lnb nya. Klo pake lnb combo bisa atw tdk.tks ma

      ReplyDelete
    64. salam kenal mas rinto... saya mau tanya, kalau reciver matrix mpeg4 bisa gak pake dish orange tv & lnb nya ku band bawaan orange tv?.. trus saluran fta nya apa aja yg dapat di satelit palapa 2D?..
      m'kasih atas info nya

      ReplyDelete
    65. mas Rinto,

      saya dulu pelanggan Aora TV, tapi sekarang tidak karna AORA TVnya bangkrut. sekarang saya memakai receiver K- Vision tetapi parabolanya/ dishnya dan LNB Ku Band tetap memakai bekas aora tv, yang jadi pertanyaan saya kenapa siaran diwaktu siang hari sering hilang ( tidak ada signal ) tapi kalau dimalam hari signalnya bagus mas. tolong pencerahannya. trimakasih.

      ReplyDelete
    66. Lam kenal gan.,,,mau nanya neh klo ganti
      Rx dri mpeg2 ganti HD lnb ikut ganti ga......??mksih..

      ReplyDelete
    67. Mas.. sy baru beli reciver topastv.. yg bs gunakan FTA .hrus pke dish solid apa pake dish mesh & LNB apa yg murah meriah.. ( klo bsa di bawah 1jt).

      ReplyDelete
    68. Mas Rinto,, Sya ada dish bekas BIGTV + LNB nya, sya gak tau itu LNB Ku atau C. Nah,,sya mau beli receiver Orange TV (menurut rekomendasi). Pertanyaan sya adalah : Apakah sya bisa dapat smua Chanel Nasional Free? Receiver Orange TV nya yang Ku Band ato yng C-Band?
      Terimakasih infonya

      ReplyDelete
    69. mas... siaran tv apa saja yang bisa di dapet di satelit palapa D dengan:
      - dish ex telvis
      - lnb c band with scala ring( bawaan telvis)
      - receiver getmecom hd009 new fta.
      trimss..

      " barudax aceh tamiang"

      ReplyDelete
    70. assalamualaikum mas rinto saya punya dish bekas big tv, kalau lnb nya saya ganti pake cband bisa gak ya mas...? karena saya ada rencana mau beli reciver murmer agar bisa nonton siaran fta..

      ReplyDelete
    71. Kalau receiver bekas indovison bisa dipakai lagi tidak ya? Setelah menganti LNB COMBO C BAND DAN KU BAND, apakah bisa berfungsi, terima kasih

      ReplyDelete
    72. Om rinto ibra.
      saya punya resiver goldsat gsr 8700. Dan dish bekas top tv bisa dimanfaatkan gak?
      Apa yg harus saya ganti dan pemsangan ke arah mana?
      Minta pencerahan..
      kirim ke email saya om
      khenzoal17@gmail.com
      atau pin bbm saya 57D5CAA7
      atau tlpn 08569767724q

      ReplyDelete
    73. Om rinto ibra.
      saya punya resiver goldsat gsr 8700. Dan dish bekas top tv bisa dimanfaatkan gak?
      Apa yg harus saya ganti dan pemsangan ke arah mana?
      Minta pencerahan..
      kirim ke email saya om
      khenzoal17@gmail.com
      atau pin bbm saya 57D5CAA7
      atau tlpn 08569767724q

      ReplyDelete
    74. ass mas.. saya fahrul di indralaya palembang mau nanya kl pakek resever telkomvision n disc indovision dan pakek ku band bs dak dapat siaraan fta

      ReplyDelete
    75. mas mau nanya saya ada matrix starlink v hd+ethernet sama parabola tranvision bisa buat apa bg maaf baru coba bg...

      ReplyDelete
    76. mas mau nanya saya ada matrix starlink v hd+ethernet sama parabola tranvision bisa buat apa bg maaf baru coba bg...

      ReplyDelete
    77. Salam Kenal Mas Rinto,
      Mohon masukannya, saya saat ini sdh pasang parabola matrix dgn lnb 4 in 1 dgn harapan bs menggunakan 2 tv. Dan receiver prolink matrix, namun stlh diinstall siaran metro tv tidak dapat, dicoba dengan receiver garuda metro tv dpt.
      mohon saran apa saya harus ganti 2 receiver dgn garuda? Atau apa ada settingan sendiri untuk prolink agar sinyal metro dpt.

      ReplyDelete
    78. Syukur de ktmu blog ini,mau tanya gan posisi satelit chinasat 11 dmn y uda trecking 2 hari gan gk dpt dpt hehehe,,tanks saya dipulau simelue aceh.

      ReplyDelete
    79. selamat siang gan..saya butuh dish bekas merk apa saja + LNB nya,bagi agan2 yg minat jual harap hubungi sya via WA 081805743241 daerah Bali.trims

      ReplyDelete
    80. This comment has been removed by the author.

      ReplyDelete
    81. Pagi agan, mo nanya nih gan..parabola sy pake 2 LNB, palapa d dan telkom1..sblm sy berganti decoder skynindo...sinyal palapa d dan telkom1 ketangkap (bagus)...
      Nah setelah sy ganti dgn decoder skynindo HDC01, sinyal palapa d ketangkap/ada, tetapi sinyal telkom1 ga ketangkap sama sekali..tidak ada sinyal. Mohon pencerahannya ga. Mksh sblmnya.

      ReplyDelete
    82. mau nanya nih. aku punya oreng tv .bisakah saya ganti dekodernya pake matrix .

      ReplyDelete
    83. Kak saya punya receiver goldsat mp4 dan pengen nyoba pake dish bekas okevision dengan lnb ku band...nah pertanyaannya dapat satelit apa aja klu ke arah Timur..

      ReplyDelete
    84. Mas mau tanya knp ya gak bisa dapat siaran waktu sya ganti LNB baru trus receivernya yg lama

      ReplyDelete
    85. Selamat sore. Mau tanya. Saya kan menggunakan receiver dengan merek matrix. Dan kemaren LNB nya rusak. Jika diganti dengan LNB tanaka c_band twin digital bisa gak ya?

      ReplyDelete
    86. Selamat siang mas rinto,,
      Sy memiliki dish offset indovision (bekas), serta receiver matrix apple III. Dengan maksud ingin memodifnya.. Hheehe
      Pertanyaannya adalah :
      LNB jenis apa yg cocok utk kdua prangkat tsb..?
      Trima kasih sebelumnya mas..

      ReplyDelete
    87. Numpang Tanya...
      Antenna Orange Tv Ku Band Trus Kira Kira Bisa Tidak Receiver Yang Di Gunakan Receiver K Vision (bromo)

      ReplyDelete
    88. pagi gan rinto..
      saya punya dish Orange dan juga receiver GetMecom HD009 New FTA,.. pertanyaanya apakah LNB Ku_band bias diganti dengan C-Band dengan dish awal? maklum gan.. mo nonton tv nasional aj kudu beli paket dulu.. tahnx atas pencerahannya

      ReplyDelete
    89. Salam kenal mas rinto, bisa tidak dish matrix garuda dipake untuk orangetv?

      ReplyDelete
    90. Yuk Mampir Di Bolacasino88.com
      Dapatkan Promo Spesial Yang Kami Berikan :

      - Bonus Deposit 5000
      - Bonus Refferal Seumur Hidup
      - Bonus Sportsbook 100%
      - Full Commision Sportbook 0,35%
      - Cashback Sportbook 5% - 15%
      - Bonus Deposit Games 10%
      - Cashback Games 5%
      - Bonus Komisi Casino 0,8%

      Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi CS Kami Di :

      - No Tlp ( +855962671826 )
      - BBM ( 2BF2F87E )
      - Yahoo ( cs_bolacasino88 )
      - WhatsApp ( +855962671826 )

      ReplyDelete
    91. LIVECASINO338 Situs Live Casino Terpercaya Seindonesia.. Menyediakan 5 Permainan Dalam 1 User ID,
      BACCARAT ☆ ROULETTE ☆ SIC BO ☆ DRAGON TIGER ☆ SLOT GAME !!!
      HOT PROMO TERBESAR :
      - Bonus Rollingan 0,8%
      - Bonus Referal 3% [SEUMUR HIDUP!!!]
      SILAHKAN DAFTARKAN DIRI ANDA DI : WWW.LIVECASINO338.COM
      untuk informasi lebih lengkap silahkan hubungi Customer service kami:
      Phone Number : +855 965922558
      PIN BBM : 2AD88032
      Yahoo Mail : cs_livecasino338
      Wechat : +855965922558

      #livecasino #casinoonline #bettingonline #rubyqq #casinoonlineterpercaya #situsonlinecasino #deposit #cashback #medan #indonesia #gamesonline #2AD88032

      ReplyDelete
    92. Livecasino338
      Mengucapkan Selamat Natal dan Tahun Baru 2017-2018
      Dihari Natal dan Tahun Baru kali ini
      LIVECASINO338
      Memberikan Bonus Special

      Promo Terbesar yang disediakan :
      ~Bonus Deposit Sebesar 10%
      ~ Bonus Rollingan Casino 1% (all product)
      ~ Bonus Referral 3% Seumur Hidup

      1 User id Untuk Semua permainan
      Berikut Untuk permainannya :
      Terdapat 5 Produk Casino :
      ~ Baccarat
      ~ Roulette
      ~ Sicbo
      ~ Dragon Tiger
      ~ Slot Game
      ~ Sabung Ayam

      Contact US
      WA : +855965922558
      BBM : 2AD88032
      NO HP : +855965922558
      LIVECHAT : www.livechat338.com
      Register : http://livecasino3381.pkr69.com

      ReplyDelete